Sejarah Berdirinya KAWAL Komunitas Wartawan Lokal di Banyumas

Sejarah Berdirinya KAWAL Komunitas Wartawan Lokal di Banyumas
KAWAL Komunitas Wartawan Lokal

BANYUMAS - Sejak berdirinya Komunitas Wartawan Lokal Kawal pada 18 November 2018 beberapa Tahun Lalu, para dedengkot pendiri hingga kini Masih aktif untuk berkomunikasi.Awal terbentuknya Kawal merupakan perjuangan dari para jurnalis dari berbagi Media yang berkumpul, berdiskusi mengeluarkan pendapat dan akhirnya sepakat untuk membentuk suatu Komunitas Wartawan di Barlingmascakeb.Hal itu meliputi Kabupaten Barjarnegara, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Banyumas, Kabupaten Cilacap Dan Kabupaten Kebumen.

Kawal adalah suatu Komunitas yang independent dan Merakyat sebagai wadah Para jurnalis dari berbagai media, agar saling mengenal satu sama lain di dunia Kemediaan dan Kewartawanan, ini juga mempermudah komunikasi serta mempersatukan kekompakan antar Wartawan.Jurnalis juga sebagai kontrol sosial dimasyarkat berkewajiban mengedukasi masyarakat yang berpegang pada Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers dan bekerja sesuai kode etik jurnalis serta Memperjuangkan Kemerdekaan Pers yang mutlak.

Sebelum proses Pembentukan Kawal membutuhkan pemikiran, Donatur, Lobi-lobi, waktu, Tempat dan kapan pelaksanaan pembentukanya.Proses yang berjalan tidak mudah dan juga ada butuh waktu yang lama untuk menjadikan sebuah nama KAWAL.Belum lagi proses mengumpulkan sejumlah Wartawan yang ada di Barlingmascakeb.

Aji Hernowo dan Sonny merupakan Pengagas dari adanya KAWAL dan Tidak banyak orang yang berfikir saat proses pencarian nama pada saat itu, dari sekitar Maret hingga sekitar bulan Juni.Waktu yang terus berputar dan tidak ada unsur kesengajaan antara Aji H pada saat itu beserta Istri berboncengan sepeda motor bertemu Dengan Sonny, kebetulan waktu itu bersama Saudara Jurnalis Mugiono, yang juga memakai motor berlokasi di Pertigaan lampu merah (Pintu) Desa Kalibagor kec.Kalibagor Kab.Banyumas.Sejenak mereka pun menepi kepinggir jalan berbincang dengan singkat untuk nama yang akan dipakai, dan di tempat itulah akhirnya Tercetuslah Nama KAWAL Komunitas Wartawan Lokal.

"Untuk nama yang akan dipakai Nama KAWAL Komunitas Wartawan Lokal saja gimana."Tanya aji H pada Sonny.

"Serius ini pak Aji Namanya KAWAL?? Okelah  pk."Jawab Sonny.

Di lokasi pertigaan tersebut Aji H dan Sonny yang disaksikan oleh istri saudara Aji H dan Saudara Mugiono sepakat Untuk Nama KAWAL.

Dari peristiwa tersebut Mereka berkomunikasi untuk mengumpulkan para Wartawan yang ada di Barlingmascakeb Guna membentuk Komunitas Wartawan Lokal.Pada Saat itu Tempat pertama yang digunakan untuk Pembentukan Struktur Pengurus dari ketua, Sekertaris, dan Bendahara bertempat di Kediaman Mbah wiwit Yang berada di Desa Banteran Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas.

Lebih dari Sekitar 30 orang hadir pada kesempatan tersebut yaitu Jurnalis dari berbagai media yang ada di Barlingmascakeb, mereka datang atas undangan Whatshapp yang di sebarkan.Adapun Struktur KAWAL pada waktu itu antara lain untuk Ketua: Heri yang di Wakili Saikun, Sekjen Sonny, Nasikin Bendahara Asep.

Guna melengkapi struktural untuk bidang-bidang yang belum terisi KAWAL Melakukan Rapat Koordinasi ke 1 y berada di kediaman Yatiman GSA di Desa Kedondong kecamatan Sokaraja Kabupaten Banyumas. Selanjutnya KAWAL melakukan Rapat Yang membahas Program Kerja kedepan di kediaman Ardi S yang berlokasi di Desa Karangnangka Kecamatan Kedungbanteng kabupaten Bayumas.

Sementara masa Jabatan Struktural KAWAL untuk Ketua selama 4 tahun sejak 2018 sampai 2022.

Jurnalis Indonesia Satu: SoN

Banyumas Jawa tengah
Narsono Son

Narsono Son

Previous Article

Keluar Dari RSUD Banyumas Truck Bermuatan...

Next Article

Awal Nurhandoko Kades Kanding Inginkan BUMDES...

Related Posts

Peringkat

Profle

Syafruddin Adi

Achmad Sarjono

Achmad Sarjono verified

Postingan Bulan ini: 212

Postingan Tahun ini: 651

Registered: Sep 25, 2020

Herman Djide

Herman Djide verified

Postingan Bulan ini: 94

Postingan Tahun ini: 1047

Registered: Sep 22, 2020

salehwagidi

salehwagidi

Postingan Bulan ini: 77

Postingan Tahun ini: 93

Registered: Apr 16, 2021

H. Syamsul Hadi, S.Pd

H. Syamsul Hadi, S.Pd

Postingan Bulan ini: 69

Postingan Tahun ini: 213

Registered: Jan 24, 2021

Profle

Widian.

Pegawai Bank Mandiri Bulukumba Diduga Ikut Dagang pada BPNT, Aktivis: Kepentingan Para Berandalan
Yusril Minta KPU Tunda Penetapan Pemenang Pilkada Labuhanbatu Tahun 2020
Akhirnya Terjawab Sudah, MK Terima Gugatan  Dan Mengadili Perkara PSU Pilkada 2020
Sat Narkoba Polres Bantaeng Amankan 2 Warga dan 1 Oknum Polisi, Tes Urine Positif
banner

banner

Follow Us

Recommended Posts

Terus Berproses, 2 Orang Diperiksa Sebagai Saksi Terkait Dugaan Korupsi Pada PT. ASABRI
Jaksa Agung RI Terima Kunjungan Kerja Menteri Pertanian RI
Giatkan Program Presisi Kapolri Polresta Banyumas Fasilitasi Penyandang Disabilitas
Tony Rosyid: Kerumunan, Tema Politik yang Lagi Ngetrend
OPM Makin Terdesak, Media dan Tokoh Pendukungnya Sebar Fitnah dan Hoaks