Bupati Banyumas: Gada Rujak Polo Menjadi Piweling

Bupati Banyumas: Gada Rujak Polo Menjadi Piweling
Foto Tugu Gada Rujak Polo

BANYUMAS - Pembangunan Tugu Gada Rujak Polo yang berada disekitar Underpass Purwokerto Kabupaten Banyumas, menurut Ir.Acmad Husein Selaku Bupati Banyumas menyampaikan lewat vidio Akun Facebooknya, Ada makna di balik itu.Gada Rujak Polo merupakan Ada di Lambang Pemerintahan Kabupaten Banyumas.

Dalam Vidionya Bupati Banyumas sambil menjunjuk pada Bendera Warna Hijau yang tertera lambang Kabupaten Banyumas, disitu ada Gunung Slamet, Sungai Serayu, Padi Kapas, ada Cengkeh dan kopi, terus ada pohon Beringin, serta ditengah-tengah lambang kabupaten Banyumas ada Gada Rujak Polo, Senin (28/09/2020).

Gada Rujak Polo ini Mempunyai Maksud, Polo itu adalah Otak dan Rujak itu artinya Di uleg (Menggunakan nalar).Tugu Tersebut adalah Inti dari lambang Kabupaten Banyumas, Gada Rujak Polo merupakan Senjata dari Werkudara, kesatria utama di Pandawa.

"Gada Rujak Polo Menjadi piweling/Sasmitha (Pengingat) lah yahh..Supaya Orang Banyumas Tansa Grujak Polo, atau mengutamakan Nalar lan (dan) Rasa, Nalika (ketika) Temandang (melaksanakan) Apa bae (Apa saja)"Ungkapnya.

Ir.Achmad Husein Bupati Banyumas

Siapa saja yang Mengutamakan Nalar dan Rasa akan menjadi orang yang Jujur dan Rajin serta Bertanggung jawab, siap menghadapi permasalahan apa saja dalam kehidupan.Adapun Pembangunan Gada Rujak Polo Berwarna Kuning Emas dan dibawahnya dikelilingi Kudi alias Bendo Atau Gaman, yang merupakan Sajam tradisional orang Banyumas.

Jurnalis Indonesia Satu: SoN