Belasan Kades Di Banyumas Disurati Oknum LSM Jadi Sorotan Masyarakat

OPINI - Belasan Kepala Desa di 3 (tiga) kecamatan wilayah Kabupaten Banyumas, telah mendapat Surat Dari oknum Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang Ini terbagi Ada 3 (Tiga) Kecamatan yaitu kecamatan Kemranjen, Kecamatan Sumpiuh dan kecamatan Tambak. Siapa yang Akan mencoba menolongnya, ini ujian-ujian Para kepala Desa yang harus dihadapi dalam memimpin Pemerintahan Desanya. Bagi kades ini akan terasa berat, memikul beban yang terjadi pada tahun 2021 saat pandemi Covid 19 Melanda.

Di tengah wabah Covid 19, kondisi ini tidak menguntungkan yang berdampak kepada Belasan Kades yang tersurati. Dampak penurunan semangat akan berimbas pada kinerja, yang akhirnya kurang semangat dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Oknum LSM yang mengirim Surat kepada Para Kades, ini Diduga seperti memaksa Belasan Kades untuk menuruti kemauan Oknum LSM, guna kepentingan Pribadi, memainkan peranya dengan dalih siasatnya. Hal ini tentunya tidak bisa dibiarkan karena akan menimbulkan ketidaknyamanan kades dalam memerintah Desa, ini juga dapat menurunkan kepercayaan masyarakat yang dipimpin oleh seorang kades.

Ini juga dapat menimbulkan kepercayaan publik atau masyarakat terhadap apa sedang dialami kades menjadi negatif. Publik akan menilai kades mempunyai kasus atau kesalahan dalam memimpin Desa.

Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa kades Mempunyai Pemerintahan diatasnya, tolong jangan dianak tirikan oleh Pemerintah Daerah dalam permasalahanya saat menjalankan suatu Pemdes. Pemerintah Daerah menyingkapi hal ini jangan abai, Bantulah para Kades dalam menyelesaikan persoalannya.

Pada awalnya, Para kepala Desa mendapat Surat dari oknum LSM, yang Diduga meminta/keterangan dokumen pemerintahan Desa yang sudah terlampaui. Dari kabar yang berkembang sejumlah kades Diduga telah diperas puluhan Juta, salah satunya Kades Sibrahma kecamatan Kemranjen. Akhirnya Melaporkan  Oknum LSM tersebut ke Polresta Banyumas dan Kejaksaan Negeri, Atas Dugaan Pemerasan yang dilakukan. Kasusnya pun masih bergulir untuk proses selanjutnya.

Namun Ada 4 Kades di kecamatan Kemranjen yang juga mendapat Surat Dari Oknum LSM, tetapi Memberi peryataan melalui Vidio yang Beredar di Medsos, bahwa Keempat kades tersebut tidak merasa diperas. Dalam Vidio yang beredar surat pernyataan tersebut dibacakan oleh Sugeng Susyanto Kepala desa Grujugan yang didampingi Zainul Mustofa Kades Petarangan, Aris Rohmadi Kades Karangintung, Muklas Kades Sibalung. Dalam surat yang dibacakan pun mereka siap dimintai Keterangan oleh Polresta Banyumas.

Pertanyaan besarnya adalah apa sebenarnya motivasi para kades melakukan tindakan seperti itu? Apakah ada yang menyuruh atau tidak? Jika tidak ada, apakah itu inisiatif sendiri atau ada pihak tertentu yang memerintahkannya?

Adalagi kabar Uang yang sempat diberikan 4 Kades ke Seseorang yang Diduga masih berkaitan dengan oknum LSM tersebut sudah dikembalikan, dengan dalih Utang piutang dan sebagainya. Kades-kades mengeluarkan Uang untuk meminjami atau memberi Hutang Konon puluhan juta yang dikumpulkan sampe 100 juta lebih.

Banyumas, Senin 27 April 2021

Oleh: N.SoN

Jawa tengah Banyumas
Narsono Son

Narsono Son

Previous Article

Jurnalis Indonesia Satu Banyumas Turut Berduka...

Next Article

Polsek Ajibarang Amankan Mobil Grand Max...

Related Posts

Peringkat

Profle

Syafruddin Adi

Achmad Sarjono

Achmad Sarjono verified

Postingan Bulan ini: 212

Postingan Tahun ini: 651

Registered: Sep 25, 2020

Herman Djide

Herman Djide verified

Postingan Bulan ini: 94

Postingan Tahun ini: 1047

Registered: Sep 22, 2020

salehwagidi

salehwagidi

Postingan Bulan ini: 77

Postingan Tahun ini: 93

Registered: Apr 16, 2021

H. Syamsul Hadi, S.Pd

H. Syamsul Hadi, S.Pd

Postingan Bulan ini: 69

Postingan Tahun ini: 213

Registered: Jan 24, 2021

Profle

Widian.

Pegawai Bank Mandiri Bulukumba Diduga Ikut Dagang pada BPNT, Aktivis: Kepentingan Para Berandalan
Yusril Minta KPU Tunda Penetapan Pemenang Pilkada Labuhanbatu Tahun 2020
Akhirnya Terjawab Sudah, MK Terima Gugatan  Dan Mengadili Perkara PSU Pilkada 2020
Sat Narkoba Polres Bantaeng Amankan 2 Warga dan 1 Oknum Polisi, Tes Urine Positif
banner

banner

Follow Us

Recommended Posts

Terus Berproses, 2 Orang Diperiksa Sebagai Saksi Terkait Dugaan Korupsi Pada PT. ASABRI
Jaksa Agung RI Terima Kunjungan Kerja Menteri Pertanian RI
Giatkan Program Presisi Kapolri Polresta Banyumas Fasilitasi Penyandang Disabilitas
Tony Rosyid: Kerumunan, Tema Politik yang Lagi Ngetrend
OPM Makin Terdesak, Media dan Tokoh Pendukungnya Sebar Fitnah dan Hoaks